Senin, 05 Oktober 2015

Ini Dia Cara Mengecek Kampus Abal Abal Atau Kampus Legal

Kamu kerja sambil kuliah?
Apa kamu sudah yakin kalo tempat kuliah kamu bukan kampus "abal-abal" ?
Sayang banget kan kalo sudah ngeluarin duit banyak buat kuliah, tapi ternyata kampus kamu adalah kampus yang tidak diakui oleh DIKTI? nah, ngeri ngeri sedap kan jika setelah lulus bertahun tahun dari "kampus pilihan" kamu, ternyata kamu sarjana abal abal?

Mumpung belum terlanjur kecewa berat, yuk lihat status kamu di websitenya DIKTI. di website ini DIKTI menyediakan database data-data perguruan tinggi yang "diakui" oleh negara, jadi lulusannya juga otomatis "diakui". Namanya FORLAP, yaitu sebuah programa yang merekam data data yang ada pada Perguruan Tinggi (PT).

Kelak jika mahasiswa yang ada pada daftar KORLAP dinyatakan lulus dan mendapat gelar, maka lembaga /institusi/perusahaan tempat kerja juga bisa mengecek keabsahan gelar kita disini. Jika namanya tidak ada, maka status mahasiswa tersebut tidak diakui di Kementerian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS).

Bagai mana caranya?



#Akses web http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa
#Isi nama Perguruan Tinggi pada form (misal : Universitas Suryadarma)
#Pilih Program Studi atau Fakultas yang diambil
#Masukkan kata kunci (boleh memasukkan Nomor Induk Mahasiswa, atau nama kita langsung)
#Masukkan captcha yang tampil (kombinasi angka dan huruf unik)
#Klik "Cari Mahasiswa"


Jika kampus kamu terdaftar di DIKTI, maka akan muncul nama kamu disana. Jika tidak muncul, kamu patut waspada terhadap status tempat kuliah kamu.

Demikian cara dan tips mengecek tempat kuliah kita, apakah "abal abal" atau Legal?

2 komentar: